PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Vivi Hardiana, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


This research aims to know the significant influence and significance levels influence the use of model learning Make a Match against cognitive learning results students on subjects integrated IPS class VIII in SMP Negeri 1 Kasui. The methods used in the research is a  method of experimentation Sampling technique in this research used purposive random sampling technique amounted to 66 students. Data analysis techniques using simple linear regression test with significance. Based on the analysis of data obtained thitung ( 5,022 ) > ttable 2:04 and a significance level of 0.682. It can be inferred that the model of learning Make a Match effect significantly to cognitive learning results and the level of significance of the influence of the use of models of learning Make a Match strong against cognitive learning results.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan taraf signifikansi pengaruh penggunaan model  pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Kasui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purvosipe random sampling berjumlah 66 siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yaitu dengan uji signifikansi. Berdasarkan analisis data diperoleh Thitung (5.022) > Ttabel 2.04 dan taraf signifikansi sebesar 0.682. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan taraf signifikansi dari pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match kuat terhadap hasil belajar kognitif.

Kata kunci: hasil belajar, make a match, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Mohamad, Ali. 1982. Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Straregi. Bandung: Sinar Baru.

Suharsimi Arikunto. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: BinaAksara.

Djamarah dan Zein. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep. Jakarta: Refika Aditama.

Musa, Nurfitri. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Fajar Agung.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sholihatin dan Raharjo. 2011. Cooperative Learning Analisis model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta,cv.

Suprijono. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sumadi Suryabrata. 2012. Metodologi Penelitan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sutrisno Hadi.2001. Metodologi Research. Yogjakarta: Universitas Gajah Mada.

Syaiful dan Aswan2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.