IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Salah satu media efektif dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikultural adalah melalui pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implemetasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah telah terimplementasi maksimal Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah tidak hanya diajarkan di dalam kelas saja, namun juga melalui pembelajaran di luar kelas.
Full Text:
PDFReferences
Adhani, Yuli. 2014. Konsep Pendidikan Multikultural Sebagai Sarana Pencegahan Konflik. Sosio Didaktika. 1(1):115
Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10(1).
Dahlan, M. Halwi. 2014. Perpindahan Penduduk dalam Tiga Masa: Kolonisasi, Kokuminggakari, dan Transmigrasi di Provinsi Lampung(1905-1979). Patanjala. 6(3).
Hatmoko, Jefri Hendri. 2015. Survei Minat dan Motivasi Siswa Putri terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes di SMK se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations. 4(4)
Murtadho, Ali. 2016. Mengembangkan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam. 1(7).
Parmono, R. 1999. Konsep Nilai Kemanusiaan Di Dalam Filsafat Jawa. Jurnal Filsafat. 30(1)
Setiawan, Eko dan Nurliana Cipta Apsari. 2019. Pendidikan Inklusif: Upaya Mewujudkan Kesetaraan dan Non-Diskriminatif di Bidang Pendidikan Bagi Anak dengan Disabilitas (AdD). Sosio Informa. 5(03).
Susetyo, Benny. 2005. Politik Pendidikan Penguasa. Yogyakarta: LKIS
Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural.Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.