Pawukon Dalam Perhitungan Hari Baik Masyarakat Jawa Di Desa Tanjung Inten Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur

laelatul janah, Risma Margaretha Sinaga, Yusuf Perdana

Abstract


Pawukon Dalam Perhitungan Hari Baik Masyarakat Jawa Di Desa Tanjung Inten Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui cara menentukan pawukon dalam perhitungan hari baik masyarakat Jawa di Desa Tanjung Inten, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur. Pawukon sendiri merupakan salah satu petungan jawa yang digunakan masyarakat Jawa untuk menentukan hari yang di anggap baik dalam melakukan aktivitas-aktivitas sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentsi, dan teknik kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu perhitungan pawukon digunakan di saat masyarakat Jawa Desa Tanjung Inten melakukan hajat perkawinan maupun aktivitas budaya lainnya seperti membangun rumah dan bercocok tanam. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perhitungan pawukon dilakukan oleh orang tua/sesepuh serta mengenai perhitungan pawukon masyarakat Jawa di Desa Tanjung Inten memiliki pandangan berbeda-beda.

 

Kata Kunci: Pawukon¸ Perhitungan, Hari baik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode dalam Penelitian Masyarakat.Jakarta: Gramedia.

Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sindhunata. 2013. Pawukon 3000th. Yogyakarta: Bentara Budaya Yogyakarta.

Sutiyono. 2011. Poros Kebudayaan Jawa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Usman Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartono Yudi, Listiyana Rohmaul. (2015). Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Tahun 2013. Jurnal Agastya, vol 5 (1). Hlm.123-124.

Hermanu. (2016). Petung Dalam Primbon Jawa. Jurnal Litera,vol 15 hlm. 256-257

Solikin, Agus. (2018). Tinjauan Matematika Terhadap Petungan Mendirikan Rumah Dalam Kitab Primbon Sembahyang Karya Muhammad Bin Ahmad Bin Nabhan Wa Auladihi. Jurnal Pi, Pend. Mat. STKIPH, vol 2 hlm 2.

Tandyonomanu Danang dan Tuti Bahfiarti. (2013). Seni Ruang dan Waktu Dalam Mapacci Pada Upacara Perkawinan Adat Bugis. Jurnal Kajian Komunikasi, vol 1 (1) hlm. 84


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##