Perbandingan Aktivitas Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan TAI

Ryan cahya saputra, Maskun Maskun, Aprilia Tri Aristina

Abstract


Perbandingan Aktivitas Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan aktivitas belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (stad dengan team assisted individualization (tai) dengan memperhatikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas X SMK Negeri 1 Terbanggi Besar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Terbanggi Besar, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana kelas X AK1 dan X AP 2 yang menjadi sampel. Teknik analisis data menggunakan uji two way anova dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan model STAD dan TAI pada siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadpat aktivitas belajar siswa.

 

Kata Kunci: aktivitas belajar, motivasi belajar, perbandingan, STAD, TAI

 


Full Text:

PDF

References


Agung, Leo. (2012). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta. Ombak.

Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Purwanto, N. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yoyakarta: Pustaka Belajar.

Slavin. Robert. T. (2008). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung. Nusa Media.

Arep, Ishak dan Hendri, Tanjung 2003 . Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Universitas Trisakti..

Suhartono, Suparlan. (2009). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.