Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII
Abstract
The purpose of this research is to understand the influence of brainstorming methods on oral activity of eighth grade students at MTs NU Negarabatin, Kotaagung Barat 2018/2019 School Year. The techniq of data analysis used qualitative, this method of research is pre-experimental design. The results obtained by the researchers that there is the influence of student oral activity before and after treatment. It is known that the oral activity of students has a value of sig ( 2-tailed ) above 0.05 which is 0.86 where there is influence of brainstorming method to the oral activity of students.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keaktifan Lisan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs NU Negarabatin, Kotaagung Barat Tahun Ajaran 2018/2019”. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Kualitatif, metode penelitian ini pre-eksperimental design. Hasil yang didapat oleh peneliti yaitu, terdapat pengaruh keaktifan lisan siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Diketahui Keaktifan Lisan Siswa memiliki nilai Sig.(2-tailed) diatas 0,05 yaitu 0,86 dimana terdapat Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keaktifan Lisan Siswa.
Kata kunci: keaktifan lisan, metode brainstorming, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Margono S. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobry S. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Rostoyah N. K. (2014). Pembelajaran Metode Curah Gagasan (Brainstorming). Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Aswaja Press.
Sukardi. (2003). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Taniredja. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.