Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran TGT dan STAD

Susi Susanti, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this research is to know the difference in results of historical learning using TGT and STAD models of students in grade X IPS SMAN 1 Bengkunat school year 2018/2019.The method used is the experimental Quasi with the design Posttest-only Control Design. Based on data analysis using the T-Test sample independent obtained the result Tcount = 2.753 whereas Ttable = 1.671 means Tcount>Ttable there are differences in the results of historical learning using TGT and STAD models of students in grade X IPS SMAN 1 Bengkunat.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah menggunakan model pembelajaran TGT dan STAD pada siswa Kelas X IPS SMAN 1 Bengkunat Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain Posttest-only Control Design. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test sample independent diperoleh hasil thitung = 2,753 sedangkan ttabel = 1,671 berarti thitung>ttabel artiannya terdapat perbedaan hasil belajar sejarah menggunakan model pembelajaran TGT dan STAD pada siswa Kelas X IPS SMAN 1 Bengkunat.

Kata kunci: perbandingan, tgt, stad


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Aneka Cipta.

Azisah. 2014. Guru Dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter (Implementasi Pada Tingklat Satuan Pendidikan). Makassar: Alaluddin University Press.

Data SMA Negeri 1 Bengkunat tahun 2019.

Nuryani. 2013. Strategi Belajar dan Mengajar Biologi. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelejaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subroto, Suryo.1997. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya.Yogyakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.