Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar IPS. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah angket, observasi dan kepustakaan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 4.113 lebih besar dari ttabel = 1.704 sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya guru dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran khususnya Mata Pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: belajar ips, keterampilan bertanya guru, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Agung, I. 2010. Meningkatkan kreativitas pembelajaran bagi guru. Jakarta: Bestari.
Asril, Z. 2010. Micro teaching: disertai dengan pedoman pengalaman lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Darmadi, H. 2010. Kemampuan dasar mengajar. Bandung: Alfabeta.
Gelgel, N. 1997. Komponen-komponen keterampilan bertanya lanjut. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Margono. 2007. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Marno. 2014. Strategi, metode, dan teknik mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana. 2011. Dasar–dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2001. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suharsimi, A. 1993. Prosedur penelitian suatu pendekatan statistik. Bandung: PT Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.