PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH

Muhammad Ilham, Ali Imron, Wakidi Wakidi

Abstract


The objectives of this research were to find out the positive and significant influence of Student Teams Achievement Division (STAD) learning model towards students history learning interest class X SMAN 1 Sekincau West Lampung.The methodology that used in this research was experimental method with post-test only control group design. Samples of students in this study amounted to 80, 40 students in control class and 40 student belong to experiment class. The data collected with history learning interest questioners. Then, the collected data was processed manually by using theta formula (?) and kai quadrate formula (?2), the result was 0.44 for the coefficient theta which consulted with coefficient table include influence enough level, and the significant level 11.16 > 5.991 that mean STAD learning model had positive and significant influence towards students history learning interest.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap minat belajar sejarah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sekincau Lampung Barat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain post-test only control group. Sampel siswa dalam penelitian ini berjumlah 80, 40 siswa dalam kelas Kontrol dan 40 termasuk ke dalam kelas ekperimen. Alat pengumpul data adalah angket belajar sejarah siswa. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual dengan rumus koefesien tetha (?)dan kai kuadrat (?2), dengan hasil 0.44 untuk koefisien theta yang dikonsultasikan dengan tabel koefisien termasuk dalam taraf cukup berpengaruh, dan taraf signifikan sebesar 11.16>5.991 yang berarti model pembelajaran STAD memiliki pengaruh yang positive dan signifikan terhadap minat belajar sejarah siswa.

Kata kunci: minat, sejarah, stad

<w:LatentStyles DefLockedState="false" DefUnhideWhenUsed="true" DefSemiHidden="true" DefQFormat="false"

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Tineka Cipta.

AM, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rinaeka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Iqbal dan Misbahudin. 2013.Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Graha Oho.

Ibrahim,dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press.

Ihsan ,Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Moedjanto. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Poerwantana, Hoegiono dan Purwadarminta. 1986. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Rieneka Cipta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rinaeka Cipta.

Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning :Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Bandung.

Sugioyono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujanto, Agus. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning and Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surakhmad, Winarno. 2011. Pengantar Penelitian Dasar, Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Winkel.1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Pt. Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.