FAKTOR KELUARGA, SEKOLAH DAN TEMAN SEBAYA PENDUKUNG KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Yekti Akilasari, Baharuddin Risyak, Lilik Sabdaningtyas

Abstract


The research problem was children social development that still undeveloped. This study aimed to determine the supporting factor of children social development were in Budy Mulya kindergarten Negeri Katon Pesawaran district. The research was descriptive studies. Data collected by observation and inteview, and analyzed by using quantitatve descriptive with percentage designed. The results showed that family environment determine the leading roles for children, followed by others factors, such as schools and peers environment. From the result, it can beconcluded that families, schools and peers environment has a considerable role for children social development in Budi Mulya Kalirejo kindergarten, Negeri Katon district Pesawaran.

Masalah penelitian ini adalah kemampuan sosial anak. Penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung kemampuan sosial anak usia dini di TK Budi Mulya Kalirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, lingkungan keluarga yang menentukan peran pertama bagi pendidikan anak, lingkungan sekolah lingkungan yang kedua untuk anak berhubungan langsung dengan pendidik dan teman sebaya dan lingkungan teman sebaya adalah anak-anak atau remaja yang memiliki usia atau tingkat kematangan yang kurang lebih sama dengan usianya. Disimpulkan bahwa faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, mendukung kemampuan sosial anak usia dini di TK Budi Mulya Kalirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran.

kata kunci: anak usia dini, lingkungan, sosial


References


Arikunto. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Benny dan Middle. 2013. Jurnal. Pengembangan Kemampuan Sosio Emosional. FKIP Untan. (Online), (http://Jurnal.Untan.Ac.Id, di akses pada tanggal 05 september 2015.)

Joe, K. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi sosial emosianak usua dini. (Online), (http://www.academia.edu, di akses pada tanggal 05 september 2015.

Sujiono, Y.N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Dengan PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.