IMPLEMENTASI KEGIATAN BERMAIN PEMBANGUNAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI TK NEGERI PEMBINA

Bodro Arum Kusworo, Sasmiati Sasmiati, Baharuddin Risyak

Abstract


The research background of this study was the children creativity age 4-5 years old that were undeveloped in group A1 Negeri Pembina kindergarten Simbarwaringin. The purpose of this research was to determine the correlation between construction game implementation for children age 4-5 years old toward creativity development. The research used correlation study. The sample were all of student in group A1 Negeri Pembina kindergarten Simbarwaringin. The samples used saturated sampling. Data were collected by using observation and documentation. The data were analyzed by using spearman rank test. The results showed that there was a positive relationship between construction game for children age 4-5 years old toward creativity development with coefficient correlation (r) at 0,67.

Penelitian ini berlatar belakang dari belum berkembangnya kreativitas anak usia 4-5 tahun pada kelompok TK A1 Negeri Pembina Simbarwaringin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara implementasi kegiatan bermain pembangunan dalam pengembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelompok A1 TK Negeri Pembina Simbarwaringin, mengingat semua anggota populasi dijadikan sampel maka pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara implementasi kegiatan bermain pembangunan dalam pengembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun dengan koefisien korelasi r sebesar 0,67.

Kata kunci: kreativitas, kegiatan bermain pembangunan, anak usia dini


References


Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Grasindo.

Latif, M dkk. 2011. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurani, Y. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Morisson, G. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD). (Terjemahan fundamentals of early childhood education, 5th edition). Jakarta: PT Indeks.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rachmawati, Y. dan Kurniati, E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang RI. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Anak