EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Aulia Rahmat, Caswita Caswita, Haninda Bharata

Abstract


This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of guided discovery learning model viewed by students mathematics problem solving. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Al-Kautsar Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 as many as 268 students that was distributed into 8 classes. The sample of this research was students of VIII H class which was chosen by purposive random sampling technique. The design of this research was one-group posttest only design. Based on the result of data analysis, the percentage of students who have good mathematical problem solving in guided discovery learning was not over than 60%. The conclusion of this research was guided discovery learning model was ineffective viewed by students mathematical problem solving.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model guided discovery learning ditinjau dari pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 268 siswa yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII H yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian ini adalah one group posttest only design. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang mempunyai pemecahan masalah matematis yang baik dalam model guided discovery learning tidak lebih dari 60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model guided discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: eksperimen semu, guided discovery learning, pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Eggen, Paul & Don, Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Guza, Afnil. 2008. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Asa Mandiri.

Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA.

Mullis, M., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. (Online). (http://timssandpirls.bc.edu, diakses pada 12 Desember 2014).

Nurhanurawati. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Halaman 153-161. Bandar Lampung: Jurusan PMIPA FKIP Universitas Lampung. (Online). (http://semnaspendmipa.files.wordpress.com, diakses pada 2 Juni 2015).

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.