ANALISIS DESKRIPTIF SELF-EFFICACY BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL
Abstract
Penelitian kualitatif naturalistik ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-efficacy berpikir kritis matematis siswa dalam Pembelajaran Socrates Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-J SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/ 2015 yang direduksi menjadi 6 siswa. Data penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai self-efficacy berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui skala self-efficacy, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini, fungsi skala self-efficacy dan wawancara untuk memperkuat informasi yang diperoleh dari observasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi, verifikasi data, dan analisis pemaknaan. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Socrates Kontekstual secara dominan memunculkan indikator self-efficacy berpikir kritis matematis siswa pada dimensi magnitude/level.
Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran socrates kontekstual, self-efficacy
Full Text:
PDFReferences
Andiny, Laura. 2008. Perbedaan Self-Efficacy Antara Guru SMA Plus dan Guru SMA Non Plus. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.
Anwar, Astrid Indi Dwisty. 2009. Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara
Bandura, Albert. 1994. Self-Efficacy. In V.S. Ramachaudran (Ed.), Enclyclopedia of Human Behavior (Vol. 4, 71-78). New York: Academic Press.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Moma, La. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Efficacy, dan Soft-Skills Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif. Disertasi. Bandung: UPI.
Putrayasa, Ida Bagus. 2013. Landasan Pembelajaran. Bali: Undiksha Press.
Rachmawati, Yunia Eka. 2012. Hubungan Antara Self-Eficacy dengan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir di Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 1 No. 1 (2012). Surabaya: Universitas Surabaya.
Tansil, S., Aditomo, A., Tjahjono, E. 2009. Reflected Appraisals dan Mathematic Academic Self-Efficacy pada Siswa SMA. Anima, Indonesian Psychological Journal 2009, Vol. 24, No. 2, 183-188. Surabaya: Universitas Surabaya.
Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.