EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
This research aimed to know the effectiveness of direct instruction model with problem posing approach viewed by creative thinking ability. This research design was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Negeri 20 Bandarlampung in academic year of 2014/2015 that consist of 8 classes. The samples of this research were students of VIIIC and VIIID class which were taken by purposive random sampling technique.The instrument of this research was essay test of critical thinking ability. Based on data analysis, it was concluded that direct instruction model with problem posing approach was more effective than conventional model to increase the creative thinking ability but the percentage of students who reached the mastery learning was not more than 60%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran langsung dengan pendekatan problem posing ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi ke dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa soal uraian mengenai kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dengan pendekatan problem posing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, tetapi persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar tidak lebih dari 60%.
Kata kunci: berpikir kreatif, pembelajaran langsung, problem posing
Full Text:
PDFReferences
Krutetskii, V.A. 1976. The Psychology of Mathematical Abilities in School Children. Chicago: University of Chicago Press.
Nugraha, Ade Yuniarsa. 2012. Pengembangan Model Bahan Ajar Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif (Cognitive Conflict) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi. Bandung: UPI.
Pehkonen, E. 1992. Using Problem-Field as a Method of Change. Mathematics Education 3(1), pp. 3-6.
Purwanto. 2009. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Skripsi. Jakarta: UIN.
Silver, E. A. & Cai, J. 1996. An Analysis of Aritmatic Problem Posing by Middle school Students. Journal for Research in Mathematis Education, Vol. 2. No. 5. November 1996. pp. 521-539.
Sofiyah . 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Jakarta: UIN.
Sutepi, Nanggolan. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardhani, S.R. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. [Online]. Tersedia di http://p4tkmatematika.org. (27 Desember 2014).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.