EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PENALARAN MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of problem based learning model viewed from students mathematical reasoning ability. The population of this research was VIII grade students of SMP Negeri 1 Trimurjo in second semester, academic year of 2014/2015 which consisted of seven classes. The sample of the research was students of VIII-F that was chosen by cluster sampling. The design of this research was one group pretest posttest design. The data of mathematical reasoning ability were obtained by essay test. Based on the result of research, it was concluded that the implementation of problem based learning model was effective viewed by mathematical reasoning ability but the percentage of students who reached the mastery learning was only 60% of total of students.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Trimurjo semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Desain yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Data kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh dari tes yang berbentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa tetapi persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 60% dari jumlah siswa.
Kata kunci: efektivitas, penalaran matematis, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. [Online]. Tersedia: http://www.pustaka.ut.ac.id. Diakses pada 25 November 2014.
NCES. 2011. TIMSS 2011 Result. [Online]. Tersedia: https://nces.ed.gov. Diakses pada 6 Desember 2014.
Nurdalilah, Edi Syahputra, Dian Armanto. 2010. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Unimed. Vol. 6 No. 2 (2010). [Online]. Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id. diakses pada 30 Juli 2015.
Putri, Hafiziani Eka. 2011. Kemampuan Penalaran Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal UPI. Vol. 6 No. 1 (2011). [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu. Diakses pada 30 Juli 2015.
Rahmawati, Khusnul. 2014. Penggunaan Analisis Kesalahan Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika. Skripsi. [Online]. Tersedia: http://digilib.uinsby.ac.id. Diakses pada 7 Juli 2015.
Syarwan, Rahmi, Mukhni dan Dewi Murni. 2014. Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning (BBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Jurnal UNP. Vol. 3 No. 1 (2014). [Online]. Tersedia: http://ejoural.unp.ac.id. Diakses pada 7 Juli 2015.
Utami, Nita Putri, Mukhni, dan Jazwinarti. 2014. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Painan Melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal UNP. Vol. 3 No. 1 (2014). [Online]. Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id. Diakses pada 22 Juni 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.