EFEKTIVITAS METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Ismi Vita Mutahiria, Caswita Caswita, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of the guided-invention method viewed by students understanding of mathematical concepts. The design which was used was post-test only control design with the population was all students of grade eight of SMPN 10 Bandarlampung in academic year of 2014/ 2015 and the samples were students of VIII-G and VIII-H class that were chosen by purposive random sampling. The data of understanding of mathematical concepts were obtained by essay test. Based on the result of this research, it was concluded that the implementation of the guided-invention method was effective viewed by students understanding of mathematical concepts.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode penemuan terbimbing ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah post-test only control design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel adalah siswa kelas VIII-Gdan VIII-H yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, penemuan terbimbing


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Peraturan tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 Tanggal 11 November 2004. Jakarta: Depdiknas.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

OECD. 2012. Evaluating School Systems to Improve Education. [Online]. Diakses di http://www.oecd.org. pada 17 Februari 2015.

Rahmawati, Ari Dwi. 2013. Efektivitas Penerapan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sanjaya, Arief Ageng. 2014. Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Suryosubroto, B. 2006. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif. Mataram: NTP Pres.

TIMSS. 2011. TIMSS 2011 Mathematics Achievement. [Online]. Diakses di https://timssandpirls.bc.edu. pada 17 Februari 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.