EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN SELF CONFIDENCE MATEMATIS SISWA

Istasari Syaifatunnisa, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of problem based learning model in terms of students representation ability, mathematical self confidence, and percentage of students who reach mastery learning. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 8 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 that was distributed into 12 classes. This research sample was determined by purposive sampling technique. This research used one group pretest posttest design. The result of data analysis showed that problem based learning model was effective in terms of students mathematical representation ability and mathematical self confidence, but it wasnt effective in terms of percentage of students who reached mastery learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan representasi, self confidence matematis siswa, dan presentase siswa tuntas belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam dua belas kelas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan representasi dan self confidence matematis siswa, namun tidak efektif ditinjau dari presentase siswa tuntas belajar.

Kata kunci: problem based learning, representasi, self confidence


Full Text:

PDF

References


Hudiono, B. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa. Disertasi. Bandung: UPI.

Hutagaol, Kartini. 2007. Pembelajaran Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Bandung: UPI. [24 November 2014].

Mullis, Ina V.S et al. 2012. TIMSS 2011 International Results In Mathematics. [Online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu. [21 November 2014].

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Rohayati. I. 2011. Program Bimbingan Sebaya untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal UPI, Edisi Khusus. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu. [23 November 2014].

Sugiono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardita, K. 2011. Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal UPI, Edisi Khusus. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu. [24 November 2014].

Wardhani, Sri. 2011. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.