EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Miftahul Karim, Caswita Caswita, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning model of STAD type viewed by students mathematical conceptual understanding. This research used post-test only control group design. The population of this research was all grade 8th students of SMP Ar-Raihan Bandarlampung in the academic year of 2013/2014. By cluster random sampling technique, it was chosen Hanafi and Maliki class as samples. The research data were obtained by test of mathematical conceptual understanding. The conclusion of this research was the cooperative learning model of STAD type was effective viewed by students mathematical conceptual understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ar-Raihan Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014. Melalui teknik cluster random sampling terpilihlah kelas Hanafi dan Maliki sebagai sampel. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: konvensional, pemahaman konsep, STAD


Full Text:

PDF

References


Hakim, Lukmanul. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Joesoef, Daud. 2011. Pendidikan Kunci Kemajuan Bangsa. [Online]. Tersedia di http://edukasi.kompas.com. Diakses pada 16 Oktober 2013.

Nuh, Muhammad. 2011. Matematika Modal Utama Kemajuan Bangsa. [Online]. Tersedia di http://www.pelitaonline.com. Diakses pada 16 Oktober 2013.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Suherman, E. 2003. Model Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.