PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN GI DENGAN STAD

Agustin Ryanti, Tina Yunarti, Arnelis Djalil

Abstract


The purpose of this research was to know the comparison of understanding of mathematical concepts of students between model of learning of group investigation (GI) and student teams achievement division (STAD). The population of this research was all students of grade VIII of SMPN 7 Kotabumi in academic year of 2014/2015 which consist of eight class, then it was taken two classes as samples by purposive random sampling technique. The research data were obtained by mathematical conceptual understanding test. Based on the results of the research, it can be concluded that the understanding of mathematical concepts in learning model of GI was lower than STAD.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep matematis siswa antara model pembelajaran group investigation (GI) dan student teams achievement division (STAD). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Kotabumi tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel melalui teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis dalam model pembelajaran GI lebih rendah daripada STAD.

Kata kunci: GI, pemahaman konsep matematis, STAD


Full Text:

PDF

References


Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Matematika Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Herdiyanti, Zuma. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jasman. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model STAD. [Online]. Tersedia di http://www.m-edukasi.web.id. (diakses pada 9 juni 2014).

Krismanto. 2004. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia di http://duniaguru.com (diakses pada 5 Februari 2014).

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie, A. 2002. Cooperatif Learning: Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiaswara.

Mullis. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia di http://timssandpirls.bc.edu. (diakses pada 13 April 2014).

Slavin, Robert E. 2008. Cooverative Learning Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.