PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Cita Bhekti Laksana Ria, Rini Asnawati, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the influence of the realistic mathematics education towards student’s mathematical problem solving skill. The population of this research was all students of grade 7thof MTs Matlaul Anwar Padangcermin in academic year of 2013/2014 that was distributed into three classes. By purposive sampling technique, it was chosen students of VII A and VII B class as samples. The research data were obtained by the test of mathematical problem solving skill. Based on the result of hypothesis test, it was gotten the conclusion that the implementation of the realistic mathematics education did not affects student’s mathematical problem solving skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Matlaul Anwar Padangcermin tahun ajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Dengan teknik purposive sampling, dipilih siswa kelas VII A dan VII B sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: konvensional, pembelajaran matematika realistik, pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kesumawati, Nila. 2009. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. [13 Januari 2014].

Mullis, et. al. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu. [13 Januari 2014].

Soejadi. 2002. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Syaiful. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal FPMIPA FKIP Universitas Jambi. Volume 02. Nomor 01. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. [26 September 2014].

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.