PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BELIEF SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the influence of problem based learning model towards student’s mathematical representation skill and belief. The population of this research was all students of grade 8thof SMPN 25 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into eight classes. By purposive sampling technique, it was chosen students of VIII H and VIII I class as samples. The research data were obtained by test of mathematical representation skill and belief scale. The result of data analysis showed that the problem based learning affects the student’s mathematical representation skill, but it couldn’t affects the student’s belief.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis dan belief siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 25 Bandar Lampung tahun ajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Dengan teknik purposive sampling, terpilih siswa kelas VIII H dan VIII I sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis dan skala belief. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa, namun tidak berpengaruh terhadap belief siswa.
Kata kunci: belief, pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis
Full Text:
PDFReferences
Ernawati, Dwi. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Model Pembelajaran Konvensional terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Skripsi FKIP UNS. [Online]. Tersedia: http://eprints.uns.ac.id. [3 Maret 2014].
Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 16, No. 1. [Online]. Tersedia: http://download.portalgaruda.org. [2 Februari 2014].
Goldin, G. A. 2002. Affect, Meta-Affect, and Mathematical Beliefs Structures. Beliefs; A Hidden Variable in Mathematics Education?. London: Kluwer Academics Publisher.
Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi UPI. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu. [2 Februari 2014].
Muchlis, Effie Efrida. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Exacta, Vol. 10, No. 2. [Online]. Tersedia: http://ebookbrowsee.net. [10 November 2013].
Sugiman. 2009. Aspek Keyakinan Matematik Siswa dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA UNY, Vol. 02 No. 01. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id. [25 Januari 2014].
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Widjajanti, Djamilah Bondan. 2009. Mengembangkan Keyakinan (Belief) Siswa terhadap Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Makalah KNPM3. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id. [16 Januari 2014].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.