PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS

Hery Suryanovan, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research aimed to know the effect of learning with open-ended approach towards the increasing of student’s creative thinking skills and mathematical disposition. The population of this research was grade 8thstudents of junior high school state of 7 Kotabumi in academic year of 2012/2013 that was distributed into six classes (VIIIA–VIIIF)The samples of this research were all students of VIIIA and VIIIC class that were determined by purposive sampling method. The design of this research was pretest-posttest control group design. Based on the result of data analysis, it was concluded that learning with open-ended approach did not affect the increasing of student’s creative thinking skills but affect the student’s mathematical disposition.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pende­katan open-ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kotabumi tahun pelajaran 2012/2013 yang terdistribusi ke dalam enam kelas (VIIIA–VIIIF).  Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA dan VIIIC yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh ke­sim­pulan bahwa pembe­lajaran dengan pendekatan open-ended tidak berpenga­ruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif mate­matis siswa namun berpengaruh terhadap disposisi matematis siswa.

Kata kunci: berpikir kreatif, disposisi matematis, open-ended

Full Text:

PDF

References


Becker, Jerry P. dan Shimada, Shigeru. 1997. The Open Ended Approach: a New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM.

Dahlan, Jarwani Afgani. 2010. Pendekatan Open-ended dalam Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia: http://file. upi.edu. [3 Oktober 2012].

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22/2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

________. 2006. Permendiknas Nomor 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Kaltz, L.G. 2009. Disposition as Education Goal. [Online]. Tersedia: http://www.edpsycinteractive.org. [3 oktober 2012].

Kesumawati, Nila. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu. [3 Oktober 2012].

Kwon, Oh Nam, Park, Jung Sook dan Park, Jae Hyun. 2006. Cultivating Divergent Thinking in Mathematics through an Open-Ended Approach. [Online]. Tersedia:http://www.eric. ed.gov. [24 Februari 2013].

Mahmudi, Ali. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id. [3 Oktober 2012].

Marpaung, Yarsen. 2010. Karakteristik PMRI. [Online]. Tersedia: http://www.repository.usd.ac.id. [3 Oktober 2012].

Mullis, Ina V.S., Michael O. Martin, Pierre Foy, Alka Arora. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu. [13 Februari 2013].

Noer, Sri Hastuti. 2010. Evaluasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA Volume 11, Nomor 1. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Nohda, Nobohiko. 2000. A Study of "Open-Approach" Method in School Mathematics Teaching. [Online]. Tersedia: http://www.nku.edu. [11 Januari 2013].

Wardani, Sri, Sumarmo, Utari dan Nishitami, Izuma. 2010. Mathematical Creativity and Disposition: Experiment with Grade-10 Students Using Silver Inquiry Approach. [Online]. Tersedia: http://gair.media.gunmau.ac.jp. [11 Januari 2013].

Xie, Xuehui. 2004. The Cultivation of Problem-solving and Reason in NCTM and Chinese National Standard. [Online]. Tersedia: http://www.cimt.plymouth.ac.uk. [12 Februari 2013].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.