EFEKTIVITAS MODEL PBL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Febby Eka Putri, Pentatito Gunowibowo, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of PBL model viewed from student’s mathematical conceptual understanding and disposition. The design which was used in this research was pretest posttest-control group design. The population was all students of grade VIII of SMPN 2 Bandarlampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into eight classes. The samples were students of VIII5 and VIII6 class which were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical conceptual understanding and disposition scale. The conclusion of this research was the PBL model was effective viewed from student’s mathematical conceptual understanding and disposition.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL ditinjau dari pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel adalah siswa kelas VIII5 dan VIII6 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep dan skala disposisi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah model PBL efektif ditinjau dari pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa.

Kata kunci: disposisi matematis, PBL, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Perpustakaan UNY. 1(1): 52. [Online]. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/4968/1/pembelajaran_berbasis_masalah.pdf. (23 Oktober 2013).

Hidayat, Irpan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs Melalui Model Problem Based Learning. Makalah STKIP Siliwangi, Bandung. [Online]. Tersedia di http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2013/01/Irfan-Hidayat.pdf. (23 Oktober 2013).

Mahmudi, A. 2010. Tinjauan Asosiasi Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Makalah Seminar Pendidikan UNY, Yogyakarta. [Online]. Tersedia di http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian. (23 Oktober 2013).

Provasnik, S., et. al. 2012. Highlights From TIMSS 2011: Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourth-and Eight-Garde Students in an International Context (NCES 2013-009). Washington, DC: National Center for Education Statistics, Institute of Education Sciences, U.S. Department of Education.

Sugiyanto. 2000. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon13 FKIP UNS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.