PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Ferny Eliza, Arnelis Djalil, Sugeng Sutiarso

Abstract


This quasi-experimental study aimed to know the effect of learning model of TPS towards students mathematical conceptual understanding. The population of this study was all of grade eighth students of SMP Negeri 1 GedongTataan in academic year of 2013/2014. The samples of this study were students of VIIIE and VIIIF class who selected by purposive sampling. The study design was posttest control design. Based on data analysis, it was concluded that learning model of TPS affect towards student’s mathematical conceptual understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gedong Tataan tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE dan VIIIF yang dipilih dengan purposive sampling. Desain penelitian adalah posttest control design. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: konvensional, pemahaman konsep, think pair share


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. [Online]. Tersedia di http://www.pusat bahasa.diknas.go.id/kbbi. diakses pada tanggal 4 November 2013.

Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Lie, Anita. 2004. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

________2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiman. 2006. Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Makalah Lokakarya Pengembangan Model-Model Pembelajaran Matematika Sekolah di UNY pada tanggal 14 Oktober 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.