EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Rizki Kurnia Abadi, Pentatito Gunowibowo, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of team assisted individualization type viewed by students' mathematical conceptual understanding. The research design was posttest control design. The population of this research was all grade eighth students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014. The samples were selected by purposive random sampling technique that were students of VIIIB and VIIIC class. Based on data analysis, it can be concluded that the student’s mathematical conceptual understanding in cooperative learning of TAI was higher than conventional learning. Thus, the implementation of cooperative learning of TAI type was effective viewed by student’s mathematical conceptual understanding.                            

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk me­nge­­tahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian adalah posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive random sampling yakni siswa kelas VIIIB dan VIIIC. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, pembelajaran kooperatif tipe TAI


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.

_________. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Djarwanto. 1987. Kumpulan Soal dan Penyelesaiannya Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE.

Guza, Afnil. 2009. Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. Jakarta: Asa Mandiri.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Siegel, Sidney. 1985. Statistik Non Parametrik untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widdiharto, Rachmadi. 2006. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Zainuri. 2007. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Segi Empat di Kelas VII SMP Negeri 3 galang. [Online]. Tersedia di http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Undergraduate-22144-BAB%201.pdf. diakses pada 4 September 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.