MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT

Romi Sugiawan, Nurhanurawati Nurhanurawati, M. Coesamin

Abstract


In the learning process, students are required to be active and master the materials which are explained by the teacher. But in fact, the activities and learning outcomes of students of VIII-C class of SMPN 1 Abung Barat Ogan Lima  Lampung Utara were still low. This study aimed to increase the activities and mathematics learning outcomes of students of VIII-C class of SMPN 1 Abung Barat Ogan Lima Lampung Utara in academic year of 2013/2014 by cooperative learning model of NHT type. The study was conducted into three cycles. Each cycle consists of the planning, implementation, observation, and reflection. The conclusion of this study was the implementation of cooperative learning model of NHT type could increase the activities and learning outcomes of  mathematics of students of VIII-C class of SMPN 1 Abung Barat Ogan Lima Lampung Utara in academic year of 2013/2014.

Dalam proses pembelajaran, siswa dituntut aktif dan menguasai materi yang dijelaskan oleh guru. Namun kenyataannya, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMPN 1 Abung Barat Ogan Lima Lampung Utara masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-C SMPN 1 Abung Barat Ogan Lima Lampung Utara tahun pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-C SMPN 1 Abung Barat Ogan Lima Lampung Utara tahun pelajaran 2013/2014.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, NHT


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.