PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
This quasi experimental research aimed to know whether the learning model of two stay two stray (TSTS) could increase the student’s mathematical conceptual understanding. TSTS was a learning model which demanded students to explain work result of their group to other group. The design which was used in this research was pretest posttest control group design. The population of this research was all students of grade 7th of even semester of SMP Negeri 1 Natar in academic year of 2013/2014. The samples of this research were students of VIIA and VIIB class which were taken by purposive sampling technique with considering to the classes were taught by the same teacher. The research data was obtained by the test of mathematical conceptual understanding. Based on the hypothesis test result and discussion, it was concluded that learning model of TSTS could increase student’s mathematical conceptual understanding.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. TSTS merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menjelaskan hasil kerja kelompoknya pada kelompok lain. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa kelas diajar oleh guru yang sama. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: konvensional, model pembelajaran TSTS, pemahaman konsep
Full Text:
PDFReferences
Huda, N. dan Kencana, A. G. 2013. Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. Diseminarkan pada 12 Mei 2013. [Online]. Tersedia di http://digilib.unimed.ac.id (diakses tanggal 1 November 2013).
Mullis, Ina V.S et al. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang. Prosiding Semnas Universitas PGRI Palembang. Diseminarkan pada 17 juni 2011. Tersedia di http://eprints.unsri.ac.id/1533/1/ (diakses tanggal 1 November 2013).
Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.
Trihendradi, Cornelius. 2005. Step by Step SPSS 17.0 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.
Yusuf, A. T. 2012. Pengaruh Penerapan Teknik Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs Ibadurrahman Lolo Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2012/2013. Solok: STKIP PGRI Solok. [Online]. Tersedia di http://ejournal-s1.stkip-pgri-sumbar.ac.id/ (diakses tanggal 1 November 2013).
Zulirfan, Diana, dan Irianti, M. 2009. Hasil Belajar Keterampilan Psikomotor Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dan TSTS pada Siswa Kelas X MA DAR El Hikmah Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains 3 (1), 43-47, 2009. [Online]. Tersedia di http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/article/ (diakses tanggal 1 November 2013).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.