PENGARUH MUSIK INSTRUMENTAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Rini Maya Sofa, Arnelis Djalil, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


This quasi experimental research was aimed to know the influence of instrumental music at learning towards student’s conceptual understanding of mathematics.  The design of this research was post test only control group design. The population was all students of grade 7th of  SMP Negeri 12 Bandarlampung in the academic year of 2012–2013 that was distributted into eight classes. The samples consisted of two student groups. Group of students of VII.D class as experimental class and VII.H as control class. The samples were chosen by purposive random sampling technique. The data was analyzed by Mann-Whitney Test (U-test). The conclusion of this research was the implementation of instrumental music as accompanist of mathematics learning did not give influence towards student’s conceptual understanding of mathematics.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan musik instrumental dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian ini adalah post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun ajaran 2012–2013 yang terdistribusi ke dalam delapan kelas. Sampel terdiri dari dua kelompok siswa. Kelompok siswa kelas VII.D sebagai kelas eksperimen dan VII.H sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian berupa data pemahaman kon-sep matematika siswa yang diambil melalui tes. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Mann-Whitney (Uji U).  Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan musik instrumental sebagai pengiring pembelajaran matematika tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. 

Kata kunci: musik instrumental, pemahaman konsep matematika, pembelajaran konvensional


Full Text:

PDF

References


Christianti, Martha. 2012. Pengaruh Musik Instrumental terhadap Hasil Belajar Matematika. Didaktika Jurnal Ilmu Pembelajaran ke-SD-an. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. ISSN 1907-6746.

Depdiknas. 2007. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional UU RI No. 20 tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, Bobbi. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Gunawan, W. Adi. 2004. Genius Teaching Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kusbiantoro. 2010. Perancangan Game Simulasi Human Error yang Terintegerasi terhadap Tingkat Pencahayaan, Suhu, dan Kebisingan Ruangan. Tesis. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Tersedia: http://digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-3100010038554/9441. Diakses pada Januari 2013.

Martono, Nanang. 2010. Statistik Sosial: Teori dan Aplikasi Program SPSS. Yogyakarta: Gaya Media.

Sarji. 2012. Restorasi Pendidikan. Majalah Nuansa Persada. Desember 2012. Vol. XIV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.