PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Jennie Nuari Juwita, Pentatito Gunowibowo, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


This was a quasi-experimental research that aimed to know the influence of cooperative learning model of TPS type towards student’s mathematical communication skills of SMP. This research used a posttest only control design with the population was  grade seven students of Junior High School state Muhammadiyah 3 of Bandar Lampung in academic year of 2012/2013, which distributed into four classes unseeded. The samples were taken by purposive sampling technique. The analysis of the data used two similarity test average. Based on the results of hypothesis test, it was concluded that generally, the mathematical communication skills of students who taught by cooperative learning model of TPS type better than mathematical communication skills of students who taught by conventional  learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Desain penelitian ini adalah post-test only control design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013, yang terdistribusi dalam empat kelas yang bukan unggulan. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.  Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran  konvensional.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran kooperatif, think pair share


Full Text:

PDF

References


Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning Cet Ke-5. Jakarta: PT Gramedia.

Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajawali Persada.

Tim Redaksi. 2012. UU Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Nuansa Aulia.

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.