EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Triyana Indah Lestari, Caswita Caswita, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


This was a quasi experimental research that aimed to determine the effectiveness of cooperative learning model of think pair share type viewed by the understanding of mathematical concepts. The population was all students of grade VII of SMP Negeri 1 Ketapang in academic year 2013/2014 which distributed into six classes as much as 208 students. This research used pretest and post-test control design. The samples in this research were students of class VII D and VII E who selected by purposive random sampling technique. Based on hypothesis testing, it was found that students’ understanding of mathematical concepts of cooperative learning model of TPS type was better than conventional learning, in significance level of 5%. It may concluded that the cooperative learning model of TPS type was effective to apply viewed by students' understanding of mathematical concepts.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam enam kelas sebanyak 208 siswa. Penelitian ini menggunakan pretest and post-test control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII E yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh bahwa gain pe­maham­an konsep matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari  pembelajar­an konvensional dengan taraf signifikansi 5%.  Kesimpulan yang diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif diterapkan ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think pair share


Full Text:

PDF

References


Balitbang. 2011. Survei Internasional TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study). [Online] Tersedia pada http://litbang.kemdikbud.go.id/detail.php? id=214. (diakses pada 23 Juli 2013).

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007.Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurhayati, Dina. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif TPS Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana.2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.