Kemampuan Literasi Membaca dan Minat Belajar dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Cerpen Karya Nadia Cassinie

Mita Maudia Proviara, Agung Hartoyo, Dona Fitriawan, Mohamad Rif'at, Yulis Jamiah

Abstract


This research aims to measure and describe the extent of the difference in reading literacy ability and learning interest of students before and after mathematics instruction using Nadia Cassinie's short stories on presentation of data. Furthermore, it seeks to describe reading literacy ability in terms of learning interest in mathematics instruction using Nadia Cassinie's short stories on presentation of data. This study employs a mixed-methods approach with an explanatory sequential mixed-methods design. The research sample consisted of 30 students from Class VII D at SMP Negeri 10 Pontianak. The research instruments include tests and questionnaires. Quantitative data were analyzed using the Wilcoxon test, followed by qualitative data analysis with descriptive methods. The results show an increase in the average reading literacy ability by 79.13% and a 6.31% improvement in learning interest. Students with a high learning interest face fewer obstacles compared to those with moderate interest when it comes to high-level reading literacy ability. However, in the case of moderate reading literacy ability, students with moderate learning interest demonstrate slightly superior reading literacy ability compared to those with high learning interest. Students with moderate learning interest and low reading literacy ability are unable to meet any of the indicators for reading literacy ability.

Keywords: learning interest; mathematics instruction; presentation of data; reading literacy ability; short stories

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan seberapa besar perbedaan kemampuan literasi membaca dan minat belajar peserta didik sebelum dan setelah pembelajaran matematika menggunakan cerpen karya Nadia Cassinie pada materi penyajian data. Kemudian, mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi membaca ditinjau dari minat belajar dalam pembelajaran matematika menggunakan cerpen karya Nadia Cassinie pada materi penyajian data tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran model explanatory sequential mixed method design. Sampel penelitian sejumlah 30 orang peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 10 Pontianak. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Analisis data kuantitatif menggunakan Uji Wilcoxon, kemudian dilanjutkan dengan analisis data kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian peningkatan rerata kemampuan literasi membaca sebesar 79,13% dan minat belajar sebesar 6,31%. Peserta didik yang memiliki minat belajar kategori tinggi menghadapi lebih sedikit kendala dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat belajar kategori sedang untuk kemampuan literasi membaca kategori tinggi. Namun, pada kemampuan literasi membaca kategori sedang, peserta didik dengan minat belajar kategori sedang justru menunjukkan kemampuan literasi membaca yang sedikit lebih unggul dibandingkan peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi. Peserta didik dengan minat belajar kategori sedang dan kemampuan literasi membaca kategori rendah bahkan tidak dapat memenuhi satu pun indikator kemampuan literasi membaca.

Kata Kunci: cerpen; kemampuan literasi membaca; minat belajar; pembelajaran matematika; penyajian data

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i3.pp203-219


References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis (Y. N. I. Sari (ed.); Cetakan ke). Bumi Aksara.

Aeni, N., Suyanti, I., & Joharman. (2013). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dan minat belajar matematika dengan kemampuan penyelesaian soal cerita siswa kelas iv sd se kecamatan klirong tahun 2011/2012. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 1(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/548

Agustiani, R. (2016). Pengembangan cerita pendek (cerpen) matematika untuk pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama. Jurnal Pendidikan Matematika JPM Rafa, 2(2), 161. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1246

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita pada materi spldv. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27. https://doi.org/doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2568

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel belajar: kompilasi konsep (Muhammad Fadhli (ed.)). Pusdikra Mitra Jaya.

Arianti, E., & Wulandari, R. (2023). Hubungan kemampuan literasi membaca dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas iv sdn buluh 1. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 214–229. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1173

Arneja, C., & Tyagi, D. S. (2020). The importance of using stories for teaching-learning of mathematical concepts. International Journal of Advanced Academic Studies, 2(4), 499–503. https://doi.org/10.33545/27068919.2020.v2.i4h.445

Bistari. (2015). Mewujudkan penelitian tindakan kelas. Ekadaya Multi Inovasi.

Braddon, K., Hall, N., & Taylor, D. (1993). Math through children’s literature. Bloomsbury Academic.

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 103–112. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1404

Cahyuningsih, W. (2019). Identifikasi kendala dan solusi dalam penguatan literasi membaca pada siswa kelas iv sd negeri 1 kebonbimo. UMSLibrary, 1–11. https://eprints.ums.ac.id/76585/12/Naskah Publikasi R.pdf

Campos, H., Teixeira, E., & Catarino, P. (2015). Mathematics and children’s literature linked by e-books. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4), 93–101. https://www.researchgate.net/publication/282945917_Mathematics_and_Children%27s_Literature_Linked_by_E-Books

Capraro, M. M., Kulm, G., & Capraro, R. M. (2005). Middle grades: misconceptions in statistical thinking. School Science and Mathematics, 105(4), 165–174. https://doi.org/doi.org/10.1111/j.1949-8594.2005.tb18156.x

Capraro, R. M., & Capraro, M. M. (2006). Are you really going to read us a story? learning geometry through children’s mathematics literature. Reading Psychology, 27(1), 21–36. https://doi.org/10.1080/02702710500468716

Cassinie, N. (2022). Sang pemburu diskon (M. S. Atarini (ed.)). Diomedia.

Chairunnisa. (2017). Pengaruh literasi membaca dengan pemahaman bacaan (penelitian survei pada mahasiswa stkip kusumanegara jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745–756. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584

Deviana, A., Rumbaremata, A. N., Marsaoly, C. T., Ningtyas, C. R., Febranti, F. E., Putri, I. A., Pratama, J. Y., Syafa’ah, N., Ismawati, N., Hidayati, N., Supriyono, R. B. Y., Amanda, R. L., Sa’adah, S. M., Sholihah, Y., & Munir, M. A. (2022). Penguatan literasi membaca, menulis, dan minat belajar matematika anak sekolah dasar di dusun santan tahun 2022. Bangun Desa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/bd-jpm.v1i2.2479

Goral, M. B., & Gnadinger, C. M. (2006). Using storytelling to fteach mathematics concepts. Australian Primary Mathematics Classroom, 11(1), 5. http://eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ793906

Kadir. (2016). Statistik terapan, konsep, contoh dan analisis data menggunakan program spss/lisrel dalam penelitian. Rajawali Press.

Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 8(1), 10–15. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0801.2

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477

Muhid, A. (2019). Analisis statistik. In D. N. Hidayat (Ed.), Zifatama Jawara (2nd ed.). Zifatama Jawara.

Nainggolan, D. O., Febriana, I., Tambunan, C. P., & Lubis, R. H. A. (2024). Pengaruh peran bahasa indonesia dalam konteks soal cerita matematika. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(4), 70–79. https://doi.org/doi.org/10.61132/nakula.v2i4.909

Nikmah, N. S., & Masduki. (2016). Penggunaan peta konsep dalam penilaian pemahaman konsep lingkaran. Prosiding Konferensi Nasional Penelittian Matematika Dan Pembelajarannya I: Tren Dan Isu-Isu Baru Dalam Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, Knpmp I, 11–22. proceedings.ums.ac.id/index.php/knpmp/article/view/2429

Ningrum, R. K. (2016). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan problem based learning berbasis flexible mathematical thinking. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 213–222.

Pasandaran, R. F. (2018). Taksonomi solo (structure of observed learning outcomes) sebagai assessment autentik untuk membangun kemampuan literasi mahasiswa dalam mengidentifikasi grafik fungsi trigonometri. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 89–105. https://e-journal.my.id/proximal/article/download/187/149

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and methods in language teaching (2nd ed.). Cambridge University Press. https://avys.omu.edu.tr/storage/app/public/dbuyukahiska/134963/Approaches-and-Methods-in-Language-Teaching.pdf

Rosidah, A., & Pebrianti, D. (2021). Kemampuan literasi membaca dengan menggunakan media big book di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 547–553. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/649

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, r&d dan penelitian pendidikan). Alfabeta.

Susanti, E. (2022). Korelasi antara kemampuan literasi membaca pemahaman terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas v sd. COLLASE (Creative Of Learning Students Elementary Education), 05(3), 574–578. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10872

Utami, A. K. S., & Haerudin. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir logis matematis. ANARGYA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–35. https://doi.org/dx.doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5762

Zahro, F., Patonah, S., & Rofiatun, N. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika pada materi diagram batang siswa kelas iv sdn kalicari 01 semarang. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 4142–4152. https://doi.org/http://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1522


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.