Penerapan Model PBL Berdiferensiasi Terintegrasi dengan KSE Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik
Abstract
This research is a Classroom Action Research that aims to improve the mathematical literacy skills of class X-2 students of SMA Negeri 1 Semarang. The research was conducted by implementing the Differentiated Problem Based Learning (PBL) model integrated with Geogebra-assisted Social Emotional Competence (KSE). The research was conducted in two cycles containing the steps of planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were class X-2 students of SMA Negeri 1 Semarang in the 2023/2024 Academic Year. The instruments used were the RPP instrument, teacher observation, and mathematical literacy ability test. The data collection techniques used were tests and observations. The data analysis technique in this study used quantitative and qualitative descriptive analysis techniques. The results of observations in the learning process are discussed as qualitative data, while the results of student tests are discussed as quantitative data. The results of the study showed that the mathematical literacy skills of students increased in each cycle, so it can be concluded that the application of the integrated differentiated PBL model with KSE assisted by Geogebra can improve the mathematical literacy skills of class X-2 students of SMA Negeri 1 Semarang on the quadratic equation material.
Keywords: differentiate; KSE; mathematical literacy ability; PBL
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 1 Semarang. Penelitian dilakukan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) Berdiferensiasi terintegrasi dengan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) Berbantuan Geogebra. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang memuat langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan adalah instrumen RPP, observasi guru, dan tes kemampuan literasi matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran dibahas sebagai data kualitatif, sedangkan hasil tes siswa dibahas sebagai data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik mengalami peningkatan setiap siklusnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berdiferensiasi terintegrasi dengan KSE berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 1 semarang pada materi persamaan kuadrat.
Kata Kunci: berdiferensiasi; KSE; kemampuan literasi matematis; PBL
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, E. K., & Zaenal, R.. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jumlahku, 9(2), 128-138. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3454
Agung, A. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Model E-Learning Berbasis Software Android. INTERMATHZO Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 5-6. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/272
Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., & Sumarmi, S. (2020). Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Skill and Environmental Attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/jegys.650344
Ardiyansyah, A. A., Hidayantu, E., & Martianingsih. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika pada Materi Segitiga Kelas 7. Seminar Nasional Pendidikan IPA dan Matematika ke-1, 413-420. http://ipa.fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/64.pdf
Aufa, N., & Manoy, J. T. (2022). Student’s Mathematical Literacy in Solving Asesmen Kompetensi Minimum Question in terms of Gender. MATHEdunesa, 11(1), 219–229. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p219-229
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Farida, R.N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802-2815. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972
Huda, N., & Khotimah, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. MATHEMA JOURNAL, 5(2), 299-311. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3528
Karimah, I. (2019). Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Materi Barisan Kelas XI MIPA di MA Negeri Kendal. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Mardini, N. I., Marlena, L., & Azhar, E. (2019). Regresi Logistik Pada Model Problem Based Learning Berbantu Software Cabri 3D. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 64-70. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.839
Marlina, M., Nasrullah, A., Mahuda, I., & Junedi, B. (2020). Implementasi Problem Based Learning (PBL) untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 209-224. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8624
Maulidah, Q. (2017). Kemampuan Spasial dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. [Tesis]. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Melody (2019). Geogebra and Grade 9 Learners’ Achievement in Linear Functions. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET),14(8). https://doi.org/10.3991/ijet.v14i08.9581
Napitupulu, L. (2022). Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipahutar. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 156–163. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.829
Norawati, A. (2020). Studi Kasus: Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Kolb Di SMPN 21 Surabaya. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 509-517. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p509-517
OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume I). https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Putri, N. I., & Mukhtar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JURRIMIPA, 2(2), 338-346. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i2.2563
Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Sulaeman, N. F., Nuryadin, A., Efwinda, S., & Setiyawan, R. (2022). Pelatihan Sosial Emosional Bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Penggerak di Kota Samarinda. Journal of Sriwijaya Community Services on Education, 1(2), 1–6.
Tambunan, T.D.A., & Mukhtar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan. Journal of Student Research (JSR), 1(3), 75-98. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1260
Winahyu, F.H., Nulhakim, L., & Rumanta, M. (2024). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 661–669. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6351
Ziatdinov, R., & Valles, J. R. (2022). Synthesis of Modeling, Visualization, and Programming in GeoGebra as an Effective Approach for Teaching and Learning STEM Topics. In Mathematics. https://doi.org/10.3390/math10030398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.