Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Rini Musdika, Cas wita, Rini Asnawati

Abstract


Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang memberi pengalaman belajar pada siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran yang telah dipelajari. Pembelajaran TPS terdiri dari beberapa tahapan yaitu berfikir secara individu (think), berdiskusi dengan pasangannya (pair) dan berbagi dengan seluruh kelas (share). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Page-laran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 316 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan post-test control design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: Pengaruh, TPS, Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.