Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis

Dwi Maisari, Gimin Suyadi, Rini Asnawati

Abstract


Make A Match merupakan salah pembelajaran kooperatif yang siswanya berdiskusi memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang mereka pegang kemudian mencari dan mencocokan pasangan kartu tersebut. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain posttest only karena sampel memiliki kemampuan awal relatif sama. Berdasarkan hasil analisis data maka kesimpulan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berpengaruh jika dibandingkan dengan pembelajaran yang biasanya diterapkan di sekolah terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata Kunci: Make A Match, Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: