PANDANGAN MAHASISWA: PENTINGNYA KEMAMPUAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) BAGI CALON GURU MATEMATIKA

Nourma Pramestie Wulandari, Dwi Novitasari, Junaidi Junaidi, Baidowi Baidowi

Abstract


Abstract

The demands of education in the Industrial Revolution 4.0 era require teachers to adapt to the development of digital technology. Capability in the field of Information and Communication Technology (ICT) is an important thing that must be mastered. The purpose of this study was to show the views of pre-service mathematics teacher students on the importance of ICT ability in making an ICT-based learning media. This research is a quantitative descriptive study conducted at a university in West Nusa Tenggara, Indonesia. The subjects were 146 second-year students who had attended the Mathematics Learning Media Development course. Subjects were given a questionnaire about ICT ability and ICT-based learning media. The data were analyzed by descriptive statistics. The results showed that 78.1% of students were interested in deepening their ability to make ICT-based learning media. Students have the view that it is very important for prospective mathematics teachers to master the field of ICT so that they can make learning interesting, not monotonous, and can eliminate students' negative perceptions of mathematics.

Keywords: education 4.0; ICT ability; student views; teacher competence

 

Abstrak

Tuntutan pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 mengharuskan guru dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital. Kemampuan dalam bidang Information and Communication Technology (ICT) menjadi satu hal penting yang harus dikuasai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan pandangan mahasiswa pendidikan matematika mengenai pentingnya kemampuan ICT untuk calon guru matematika dalam membuat suatu media pembelajaran berbasis ICT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di suatu perguruan tinggi di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Subjek terdiri dari 146 mahasiswa tahun kedua yang sudah mengikuti perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Subjek diberikan kuesioner tentang kemampuan ICT dan media pembelajaran berbasis ICT. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78,1% mahasiswa berminat untuk memperdalam kemampuan membuat media pembelajaran berbasis ICT. Mahasiswa berpandangan bahwa sangat penting untuk calon guru matematika menguasai bidang ICT dalam membuat pembelajaran yang menarik, tidak monoton, dan menghilangkan anggapan negatif siswa terhadap matematika.

Kata Kunci: kemampuan ICT; kompetensi guru, pandangan mahasiswa; pendidikan 4.0

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp266-275


References


Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62

Ambarini, R., Setyaji, A., & Zahraini, D. A. (2018). Interactive Media in English for Math at Kindergarten: Supporting Learning, Language and Literacy with ICT. Arab World English Journal, 4(4), 227–241. https://doi.org/10.24093/awej/call4.18

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT (pp. 1–6).

Das, K. (2019). Role of ICT for Better Mathematics Teaching. Shanlax International Journal of Education, 7(4), 19–28. https://doi.org/10.34293/education.v7i4.641

Irfan, M., Kusumaningrum, B., Yulia, Y., & Widodo, S. A. (2020). Challenges During The Pandemic: Use of E-Learning in Mathematics Learning in Higher Education. Infinity, 9(2), 147–158. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v9i2.p147-158

Karimah, A. Al, Rusdi, R., & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas media pembelajaran matematika menggunakan software animasi berbasis multimedia interaktif model tutorial pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP/Mts kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 9–13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.9-13

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Lase, D. (2019a). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal SUNDERMANN, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Lase, D. (2019b). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Sunderman, 12(2), 28–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Novitasari, D., Indrawati, I., & Risfianty, D. K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis GeoGebra Untuk SMA di Mataram. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 186. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12526

Novitasari, D., Indrawati, & Risfianty, D. K. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 178–184). Semarang: Jurusan Matematika, Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28908

Nurita, T. (2019). Pengembangan Media pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.

Salsabila, N. H., Wulandari, N. P., Lu, U., Wahyu, T., & Kerinci, I. (2020). Pandangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : Apakah Siswa akan Mudah Belajar dengan Permainan Edukasi? Jurnal Karya Pendiidkan Matematika, 7(2), 1–5.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48.

Umardulis, U. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Supervisi Klinis. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 870–878. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7539

Wernely. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di TK Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program, 2(3), 415–418.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.