PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
This quasi-experimental research aimed to find out the influence of the implementation of cooperative learning model of Think Pair Share type towards the student’s conceptual understanding of mathematics. The population of this research was the eightth grade students of Junior High School State 2 Pringsewu in the academic year 2012/2013 that distributed into nine classes. The samples of this research were students of VIII H class as the experimental class and students of VIII G class as the control class. The samples were chosen by purposive sampling technique. Research used a post-test control only design. Based on the research result implementation of cooperative learning model of Think Pair Share type effects the conceptual understanding of mathematics.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pringsewu tahun pelajaran 2012/2013 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian adalah post-test control only design. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, Think Pair Share
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas: Jakarta.
Mullis, Ina V.S et al.. 2009. TIMSS Assesment 2009. [Online] Tersedia:http://www.education.gov.za/LinkClick.aspx?fileticket=Ub4vJ%2BeV9ds%3D&. (diakses pada tanggal 16 Februari 2013).
Rohman, Abdul. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tasito Edisi keenam.
Suherman, Erman. 2001. Pembelajaran Matematika. [On Line].http://id.shvoong.com/socialsciences/education/2268000pembelajaranmatematika/#ixzz2K0umZSkM (diakses pada tanggal 15 Februari 2013).
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.