PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Pratiwi Santi Yastuti, Muhammad Istiqlal

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, dapat dilihat dari persentase kemampuan pemecahan masalah pada saat pra siklus sebesar 38%, Pada siklus 1 sebesar 40% dan pada siklus II sebesar 85%.Sehingga secara klasikal kemampuan pemecahan masalah pada pra siklus ke siklus I dan ke siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan dan memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kriteria rendah meningkat menjadi cukup meningkat menjadi sangat tinggi. Sedangkan untuk nilai hasil belajar matematika berdasarkan kondisi awal sebelum dilakukan penelitian, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 0% dari keseluruhan jumlah siswa dengan rata-rata 38,5. Pada siklus I setelah menerapkan metode Think Talk Write, siswa yang tuntas sebanyak 1 siswa atau 3,125% dengan rata-rata 40,3125. Pada siklus II sebanyak 32 siswa atau 100% telah tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 85,1875. Dari hasil penelitian diatas menunjukkan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan peningkatan hasil belajar pada materi teorema phytagoras kelas VIII C SMP Negeri 5 Kota Salatiga.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp110-118


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.