The Influence of Discovery Learning Model Towards Students’ Mathematical Representation Ability
Abstract
This research aimed to find out the influence of discovery learning models on student's mathematical representation ability. The population of this research was all of the 7th-grade students of junior high school of 23 Bandar Lampung in academic years of 2018/2019 that distributed in eight classes. Sampling was carried out by using purposive sampling techniques so that selected as class 7C and 7D as a research sample. The design was used was the pretest and posttest control group design. The research data was obtained through mathematical representation ability test in the form of a essay on rectangular and triangular material. The analysis of the data of this study used the t-test. Based on the results of this research analysis, the discovery learning model influences the student's mathematical representation ability.
Keywords: influence, mathematical representation ability, discovery learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih siswa VII C dan kelas VII D sebagai sampel penelitian. Desain yang digunakan adalah pretest - posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis berbentuk uraian dengan materi segiempat dan segitiga. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis penelitian, model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Kata Kunci: pengaruh, representasi matematis, discovery learning
Full Text:
PDFReferences
Effendi, L.A. 2012. Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMP. Jurnal Penelitiam Pendidikan. (Online), UPI Volume 13, No.2 Hal. 2, http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf, diakses pada tanggal 4 April 2019.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. (Online). Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diakses pada tanggal 27 November 2018.
Henningsen & Stein. 1997. Mathematical Tasks and Student Cognition: Classroom-Based Factors That Support and Inhibit High-Level Mathematical Thinking and Reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, Vol. 28, No. 5, Hlm 524 – 549. Diakses pada tanggal 22 Juli 2019.
Karimah, A. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Ilmiah. (Online). Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/19723. Diakses pada 19 Oktober 2019.
Mudzakkir, H.S. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis. Bandung. PPS Universitas Pendidikan Indonesia.
Muhammad, N. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning untuk meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1). 75-90. (Online), https://journal.uniga.ac.id/, diakses pada tanggal 10 Agustus 2019
NCTM. 2000. Principle And Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nela, R. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3. No. 2. (Online). Tersedia: http://docplayer.info/50381455-Vol-3-no-2-2014-jurnal-pendidikan-matematika-part-1-hal-nela-rizak-1-hendra-syarifuddin-2-suherman-3-abstract.html. Diakses 3 Januari 2019
OECD. 2016. PISA 2015 Result in Fokus. (Online). Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. Diakses pada tanggal 22 November 2018.
Rangkuti, A.N. 2014. Representasi Matematis. Forum Paedogogik Vol. VI No. 01 Januari 2014. (Online) Tersedia di jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/download/168/150. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2019.
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.