Pengaruh Guided Discovery Learning terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Brigita Ayu Kirana Dewi, Caswita Caswita, Widyastuti Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 299 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Siswa kelas VIII B sebanyak 28 siswa dan VIII C sebanyak 31 siswa terpilih sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-efficacy. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji- dan uji Mann-Whitney  dengan . Dari hasil analisis data terdapat perubahan pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa dengan model guided discovery learning yang lebih tinggi daripada data kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa dengan model non-guided discovery learning. Dengan demikian, model guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa.

 

Kata kunci: guided discovery learning, pemecahan masalah matematis, self-efficacy

Full Text:

PDF

References


Annajmi. 2016. Peningkatan Kemam-puan Pemahaman Konsep Mate-matik Siswa SMP melalui Metode Penemuan Terbimbing. Journal of Mathematics Education and Science. (Online), Jilid 2, No. 1, (https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/110/187), diakses pada 17 April 2019.

Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bisri. 2018. Pengaruh Model Pem-belajaran Guided Discovery Ter-hadap Kemam¬puan Pemecah¬an Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 6 No. 7. (https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17057), diakses pada 14 Maret 2019.

Fadillah, Syarifah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Universitas Negri Yogyakarta. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/12317/1/M_Pend_35_Syarifah.pdf), diakses pada 15 Maret 2019.

Feby dan Khisbiyatul. 2018. Imple-mentasi Model Pembelajaran Pe-nemuan Terbimbing Terhadap Self-Efficacy Siswa. Prosiding Senco 2018, Science Education National Conference 2018. (Online), (http://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4805), diakses pada 20 Maret 2019.

Hana dan Siti. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Mate-matika dengan Meng¬gunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Jilid 3, No. 2, (https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/644), diakses pada tanggal 11 Oktober 2018.

Komara, Indra Bangkit. 2016. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. (Online), Jilid 5 No. 1. (http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/4474), diakses pada 16 April 2019.

Mahardikawati, Ema. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Julid 1 No. 4, (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/download/11608/8310), diakses pada 15 Maret 2019.

Nuraina. 2018. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Peme¬cah¬an Masalah Mate¬matis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 10 No. 3, (https://jurnal.umuslim.ac.id/indez.php/VRS/index/article/view/2085/6172), diakses pada 14 Maret 2019.

OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. (Online),

(https://ei-ie.org/media_gallery/81459.pdf), diakses 20 Okto¬ber 2018.

Puspita, Era. 2017. Efektivitas Guided Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi Mate-matis dan Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 5 No. 7 , (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13518/pdf), diakses pada 15 Maret 2019.

Rokhimah, Siti. 2015. Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Journal Pisikologi. (Online), Jilid 3 No. 1 (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/02/JURNAL%20IMAH%20(02-12-15-05-25-40).pdf), diakses pada 18 Maret 2019.

Suminar dan Meilani. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning dan Poblem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran. (Online) Jilid 1 No. 1, (http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3339), diakses pada 20 Maret 2019.

Sahrudin, Asep. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Means-Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan UNSIKA. (Online), Vol. 4 No. 1, (https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/233), diakses pada 15 Maret 2019.

TIMSS. 2011. Timss 2011 and Timss Advanced 2015 International Results. (Online), (http://timss

org/), diakses 7 Septem¬ber 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.