Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Suci Indah Saputri, Caswita Caswita, Widyastuti Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 363 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas.  Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII F sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik tes melalui instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Proporsi satu pihak dan uji Mann Whitney U. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa siswa yang memiliki nilai kemampuan komunikasi matematis mencapai 71 setelah mengikuti model PBL tidak lebih dari 60%. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model non PBL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model PBL tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, akan tetapi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti PBL lebih dari siswa yang mengikuti non PBL.

 

kata kunci: problem based learning, komunikasi matematis, efektivitas

Full Text:

PDF

References


Amris, Wayas Shirly. 2015. Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Jurnal Pedagogi. (Online), Vol. 3, No. 5, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/9330/5963), diakses 6 Mei 2019.

Chatarina, Enggar Fathia. 2015. Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol. 3, No. 1, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/7968/4798), diakses 30 April 2019.

Dianna, Septi Bunga Mulia. 2018. Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol. 6, No. 6, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/7968/4798), diakses 30 April 2019.

Fadilah, Armanto, D., & Panjaitan. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dan Madrasah Tsanawiyah Pada Materi Fungsi Di P. Brandan Kabupaten Langkat. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIGMA. (Online), Vol. 5, No. 2, (http://digilib. unimed.ac.id/752/1/kemampuan/%20komunikasi%20matematis%20siswa%20sekolah%20menengah%20pertama%20dan%20madrasah%20tsanawiyah%20pada%20materi%20fungsi%20di%20P.Brandan%20Kabupaten%20Langkat), diakses pada 9 Oktober 2018.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus. (Online), Edisi Khusus, No. 1, (http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf.), diakses pada 31 Oktober 2017.

Permendikbud. 2013. Permendikbud 32 tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Permendikbud. 2016. Lampiran Permendikbud 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Lestari, Bunga Indah. 2016. Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (Online), Vol. 5, No. 7, (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16108/14046), diakses 6 mei 2019.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2013. Draft Mathematics Framework. (Online), (http://oecd.org/pisa/ pisaproducts/Draft%20Mathematics%20Framework%20.pdf), diakses 6 Desember 2018.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. Program for International Student Asssessment (PISA) Result from PISA 2015. (Online), (http://oecd.org/pisa/Pisa-2015-Indonesia.pdf), diakses 7 Mei 2018.

Permatasari, Dwi. 2019. Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 7, No. 1, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17603/pdf), diakses 6 mei 2019.

Widjayanti, Djamilah Bondan. 2011. Mengembangkan kecakapan matematis mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. Prosiding seminar nasional penelitian. (Online), (https://scholar.goo gle.co.id/citations?user=F1i-yTQAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3F view_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DF1i-yTQAAAAJ%26citation_for_view%3DF1i-yTQAAAAJ%3 AZph67rFs4hoC%26tzom%3d-420), diakses 7 mei 2018.

Yates. 2002. The Influence Of Optimism And Pesimism On Student Achievment In Mathematics. Mathematics Education Reaserch Journal, (Online), Vol. 14, No. 1, (http://www.merga.net.au/documents/MERJ_14_1_Yates.pdf), diakses pada 6 mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.