Analisis Self-Efficacy Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Saintifik

Andre Kurnianto, Tina Yunarti, M Coesamin

Abstract


Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis self-efficacy berpikir kritis siswa dengan Pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek penelitian ini adalah Sembilan siswa kelas VII-D MTs Negeri 2 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian ini diperoleh melalui jurnal siswa, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini terdiri dari tiga langkah yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terhadap data penelitian. Berdasarkan tahapan analisis data tersebut, diperoleh hasil penelitian bahwa siswa yang memiliki self-efficacy tinggi adalah siswa yang berkemampuan matematis tinggi, dan siswa yang memiliki self-efficacy rendah adalah siswa yang berkemampuan matematis rendah. Sedangkan beberapa siswa yang berkemampuan matematis sedang memiliki self-efficacy tergolong tinggi atau rendah. Kemudian dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan untuk dimensi self-efficacy berpikir kritis yang dominan muncul dalam Pembelajaran Socrates Saintifik adalah dimensi magnitude.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.