PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Astia Ilyasari, Gimin Suyadi, Rini Asnawati

Abstract


This was a quasi-experimental research that aimed to know about the influence of cooperative learning model of Numbered Heads Together (NHT) type towards student’s conceptual understanding of mathematics. This research used a posttest only control design. The population was the eight grade students in second semester of Junior High School state 7 of Bandar Lampung in academic year of 2012/2013 as many as 327 students who distributed into nine classes. Samples were students of VIII H and VIII E class that chosen by purposive sampling technique. The data was value of conceptual understanding of mathematics obtained by test. Based on the results of hypothesis test, conceptual understanding of mathematics of students who teach by the cooperative learning model of NHT type was better than  conventional learning. It can be concluded that cooperative learning model of NHT type influences of conceptual understanding of mathematics of  eight grade student in second semester of Junior High School state 7 of Bandar Lampung academic year of 2012/2013.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematis siswa.  Desain penelitian ini adalah posttest only control design.  Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 327 siswa yang terdistribusi dalam 9 kelas.  Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII H dan VIII E yang diambil dengan teknik purposive sampling.  Data penelitian berupa nilai pemahaman konsep matematis yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis, pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model kooperatif tipe NHT lebih baik dari pembelajaran konvensional.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.

Kata kunci: model kooperatif tipe NHT, pemahaman konsep matematis, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Apriani, Fitri. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ditinjau dari Aktivitas Bertanya dan Pemahaman Konsep Ma-tematis. Jurnal Unila.[Online].Tersedia:http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=elektronik+jurnal+pendidikan+matematika+pemahaman+konsep+matematis+unila (4 Juli 2013)

Badan Penelitaian dan Pengembangan. 2011. Survei Internasional TIMMS. [online].Tersedia:http://litbang.kemdikbud.go.id/detail.php/id=214 (24 Mei 2013).

Depdiknas. 2003. Tujuan Pembelajaran Matematika. [online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/links-pendidikan/. (28 Januari 2013)

Depdiknas. 2003. Pengertian Pendidikan dan Fungsinya. [online]. Tersedia:http://www.slideshare.net/smpbudiagung/undang-undang-no-20-tahun-2003. (4 Maret 2013)

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning.Pustaka Belajar.Yogyakarta.

Handini, Tri. 2008. Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle). [online]. Tersedia:http://www.http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pmtk_050001_bibliography.pdf. (28 Maret 2013)

Isti. 2011.Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Me-lalui Pendekatan Problem Posing dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.[online]. Tersedia: http://www.Eprints.uny.ac.id/ SKRIPSI ISTI_06301241 046.pdf. (3 februari 2013)

Lie, Anita. 2007. Pembelajaran Kooperatif. [online]. Tersedia:http://www.sarjanaku.com/2011/01/pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw.html. (8 Februari 2013)

Kisworo. 2006. Kelebihan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. [Online]. Tersedia:http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2254465-beberapa-manfaat-model-pembelajaran-kooperatif/ http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2254465-beberapa-manfaat-model-pembelajaran-kooperatif/ (3 Februari 2013)

Nurhadi. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Pertanyaan dan Jawaban). Grasindo. Jakarta.

Widya, Ningsih Ibkaria. 2009. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam Pembelajaran Matematika dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi UNY: Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.