Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis

Ni Made Ariestaniati, Haninda Bharata, Caswita Caswita

Abstract


This experimental research aimed to find out the effectiveness of discovery learning model in terms of students’ mathematics communication . The population of this research was all students of grade 8 in  Junior High School no 21 Bandar Lampung in academic year 2016/2017 speading into 11 classes. The samples of this research were students of VIII A and VIII D class which were chosen by cluster random sampling technique. This research used the pretest–posttest control group design. By the results of data analysis mathematical communication skill who treated by discovery leaerning more than the students who tread by conventional learning. The students who treated by dicovery learning less than 60%. The data analysis this research used t test and proportion test. Based on the results of the research and discussion it was concluded that the implementation of discovery learning model wasn’t effective viewed by students mathematical communication skill.

 

Keywords: discovery learning, effectivity, mathematical communication skill

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran discovery learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 11 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest–posttest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji proporsi. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran discovery lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional. Siswa yang mengikuti pembelajaran discovery memiliki kemampuan komunikasi terkategori baik kurang dari 60% dari banyak siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

 

Kata kunci: discovery learning, efektivitas, komunikasi matematis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, (Online), (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1336), diakses 17 Januari 2019.

Diana, Lely. 2016. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: FKIP Matematika Unila.

Hulukati. 2005. Kajian Pustaka. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/4934/15/BAB%20II.pdf), diakses 18 Januari 2018.

Kemendikbud, 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. (Online), (http://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2016/12/pringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan), diakses 28 September 2017.

Khoirunisa, Rahma Dwi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 2, No.3, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/3895), diakses 22 Mei 2016.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston. VA: NCTM. (Online), (https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf), diakses 3 Juni 2016.

Rahmawati, 2016. Seminar Hasil TIMSS 2015. 14 Desember 2016. (Online), (https://www.scribd.com/document/362203451/Rahmawati-Seminar-Hasil-TIMSS-2015-2), diakses 28 September 2017.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Tim Penyusun. 2009. Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. Jakarta: Asa Mandiri.

Wardhani, Sri & Rumiyati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (Online), (http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SMP/4.INSTRUMEN%20PENILAIAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20), diakses tanggal 3 Juni 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.