Efektivitas Guided Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Belief

Anika Safitri, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of guided discovery learning model toward students mathematical reflective thinking ability and belief. The population in this research was all students of grade 8th of SMPN Bandarlampung in academic year 2018/2019 as many as 246 student’s, that distributed into eight classes. Through purposive sampling technique, VIII A as many as 29 student’s and VIII C as many as 28 student’s were chosen as the research sample. This research used pretest-posttest group design for student’s mathematical reflective thinking ability and posttest only control group design for student’s belief. The data in this research was quantitative data that obtained by student’s mathematical reflective thinking ability and belief. By using -test and proportion test conclusions are obtained that guided discovery learning model was effective towards student’s mathematical reflective thinking ability and belief.

 

Keywords: belief, effectiveness, guided discovery learning, mathematical  reflective thinking ability.

 

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model guided discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan belief siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 246 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Melalui purposive sampling, terpilihlah kelas VIII A sebanyak 29 siswa dan VIII C sebanyak 28 siswa sebagai sampel penelitian. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest group design untuk kemampuan berpikir reflektif siswa dan posttest only control group design untuk belief siswa. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan belief siswa. Dengan menggunakan uji-  dan uji proporsi diperoleh kesimpulan bahwa model guided discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan belief siswa.

 

Kata kunci: belief, efektivitas, guided discovery learning, kemampuan berpikir reflektif matematis.


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Defi, Shentia Liyuwana. 2017. Aktivitas Matematis, Interaksi, dan Respons Stimulus Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Keyakinan Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 3, No.6, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/download/23854/21797), diakses 20 Januari 2019.

Fauzi, Kms Muhammad Amin. 2016. Pembentukan Belief Siswa Melalui Kemandirian Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Kependidikan Kopertis Wilayah I NAD-Sumatera Utara. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id/1030/2/FullText.pdf), diakses 20 Januari 2019.

Hasan, Nadia Dezira. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP. Tesis diterbitkan. (Online), (http://repository.upi.edu/18222/8/S_MAT_1101899_Chapter1.pdf),

diakses pada 6 Januari 2018. Bandung: UPI.

Hayati, Nur Roh. 2016. Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP N 2 Kec. Sooko Kelas VIII A Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://eprints.umpo.ac.id/2698/2/2.%20BAB%20I.pdf), diakses 15 Januari 2019. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Jayanto, Ignasius Fandy dan Sri Hastuti Noer. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Pembelajaran Guided Discovery. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/download/1052/850), diakses 6 November 2018.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Kusumaningrum, Maya, dan Abdul Aziz Saefudin. 2012. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/8512/1/P%20-%2060.pdf), diakses 12 September 2018.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

OECD. 2016. Pisa 2015 Result in Focus. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses pada 20 Mei 2018.

Oktavioni, Winda. 2017. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V Sd Negeri 186/1 Sridadi. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.unja.ac.id/1334/3/ARTIKEL%20ILMIAH%20A1D113057.pdf), diakses 16 Januari 2019. Jambi: Universitas Jambi.

Rahim, Mulyatini. 2015. Penigkatan dan Karakteristik Kesalahan dalam Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Model Elicting Activities. Tesis diterbitkan. (Online), (http://repository.upi.edu/22539/4/T_MTK_1201569_Chapter1.pdf), diakses 13 Januari 2019. Bandung: UPI.

Riyanti, Mayang. 2018. Penerapan Model Guided Discovery Learning Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa SMKN 3 Pontianak. Artikel Penelitian. (Online), (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/25923/75676576929), diakses 15 Januari 2019.

Safera, Risa. 2015. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Belief Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sani, Budiman. 2016. Perbandingan Kemampuan Siswa Berpikir Reflektif dengan Siswa Berpikir Intuitif di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/12947/pdf), diakses 15 September 2018.

Somakim. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Universitas Sriwijaya. (Online), (http://eprints.unsri.ac.id/1526/1/08-Somakim_Matematika-(42-48).pdf), diakses 16 September 2018.

Sugiman. 2009. Aspek Keyakinan Matematik Siswa dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA. (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2009b_KYM.pdf), diakses 16 September 2018.

Suntoro, Agus. 2009. Ekeperimen Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Konstruktivitstik dengan Multimedia Komputer ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa kelas VIII. Tesis diterbitkan. (Online), (https://eprints.uns.ac.id/8166/1/80192107200905391.pdf), diakses 6 November 2018. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Supriyaningsih, Nanik, Kriswandani Kriswandani, dan Erlina Prihatnani. 2016. Profil Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa Pada Konten Quantity. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. (Online), (http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/viewFile/2341/1302), diakses 12 September 2018.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yuliana. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Belief Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.