Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Confidence

Ratna Lestari, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This study aims to determine the influence of guided inquiry learning model towards mathematical reflective thinking skills and self confidence. The research population were all students of VII grade Bandarlampung State Middle School 8 semester 2018/2019 academic year as many as 280 students and distributed into nine classes. The research sample were all students of class VII A and VII B who were selected through cluster random sampling technique. The design used were the randomized pretest-posttest control group design and the randomized posttest only control group design. The research data analysis showed that the increase in students’ mathematical reflective thinking skills in guided inquiry learning was higher than conventional learning, but there was no difference in the average students' self confidence in guided inquiry learning and conventional learning. Based on the results of the research and discussion, it was concluded that the guided inquiry learning model influenced students' mathematical reflective thinking skills, but did not influence students' self confidence.


keyword: guided inquiry, reflective thinking skills, self confidence


Penelitian ini bertu­juan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemam­puan berpikir reflektif matematis dan self confidence. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 280 siswa dan terdistribusi ke dalam sembilan kelas. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design dan the randomized posttest only control group design. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, namun tidak ada perbedaan rata-rata self confidence siswa pada pembelajaran inkuiri terbim­bing dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembaha­san, disimpulkan bahwa  model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh ter­hadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, namun tidak berpengaruh terhadap self confidence siswa.

 

Kata kunci: berpikir reflektif matematis, inkuiri terbimbing, self confidence

Full Text:

PDF

References


Angkotasan, Nurma. 2013. Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 8, No. 1,(http://journal.uny.ac.id/indexphp/pythagoras), diakses 10 September 2018.

Asri, Peggy Nurida. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Fuady, Anies. 2016. Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 2, (http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIMat/article/view/1236), diakses 2 September 2018.

Ghufron, N., dan Rini, R. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Goldin, G.A. 2002. “Affect, Meta-Affect, and Mathematical Beliefs Structures”, dalam Beliefs; A Hidden Variable in Mathematics Education. London: Kluwer Academics Publisher.

Jatisunda, M Gilar. 2017. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Theorems. (Online), Vol. 2, No. 1, (http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/download/57 4/540), diakses 12 Desember 2018.

Kartika, Eni. 2018. Pengembangan Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Tesis diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/), diakses 15 Oktober 2018. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Muzayyanah, Arifah. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Di Sma Negeri 1 Godean. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika sekolah. (Online), PM. 27, Hlm. 300-318, (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1419), diakses 12 September 2018.

Nasriadi, A. 2016. Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Memecah-kan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 3, No. 1, (http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/29/29), diakses 10 September 2018.

Noer, S.H. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPS UPI.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OE CD). 2016. PISA 2015 Result: Students’ Financial Literacy. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-infocus.pdf), diakses 10 September 2018.

Purwasih, Ratni. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa Mts di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. (Online), Vol. 9, No. 1, (http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/113), diakses 10 Oktober 2018.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Sara, Rizki Winjuni. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Srivastava, S. K. 2013. To study of academic achievement on the level pf self confidence. Journal of Psychosocial Research. (Online), Vol. 18, No.1, (https://www.questia.com/library/journal/1P33079013091/to-studythe-effect of-academicachievement-on-the), diakses 12 Oktober 2018.

Sugiman. 2009. Aspek Keyakinan Matematik Siswa dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA UNY. (Online), (http://staff.uny.ac.id), diakses 10 Januari 2019.

TIMSS. 2011. Timss 2011 and Timss Advanced 2015 International Results. (Online), (http://timss 2011.org/), diakses 7 September 2018.

Ulmer, Jonathan D. 2010. The Impact of Inquiry-Based Learning on the Academic Achievement of Middle School Student. Western AAAE Research Conference Proceeding. (Online), (https://www.Researchgate.net/publication/268347956_The_Impact_of_inquiry Based_Learning_on_the_Academic_Achievement_of_Middle_School_Students), diakses 22 November 2018. Texas Tech University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.