Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa

Hadi Rudiya, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of problem based learning viewed by students mathematical representation and self confidence skill. The population of this research was all students of eighth grade in Junior High School 25 Bandarlampung in the academic year of 2016/ 2017 that were distributed into nine classes and samples of this research were students of VIII-H and VIII-I class that were taken by cluster random sampling technique. This research used pretest-posttest control design. The research data was obtained from essay mathematical representation skill test and self confidence quistionnaire. The data analysis which was used was t- test and proportion test. Based on the result and discussion of this research, it was concluded that problem based learning model was effective viewed by students mathematical representation and self confidence skill.

 

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-H dan VIII-I yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis berbentuk essay dan skala self confidence. Pengujian hipotesis menggunakan uji tdan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa.

 

Kata kunci:  pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis, self    conf dence  


Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M. dan Tina, Rosyana. 2014. Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 02, Hlm. 45-53. (Online), (http:// publikasi. stkipsiliwangi.ac.id), diakses 13 Oktober 2016.

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 16, No. 1, halaman 40-50. (Online), (http://download.portalgaruda.org), dikses 25 Oktober 2016.

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educa-tionist, Vol. 01, No. 01, Hlm. 47-56. (Online), (http:// acedemia. edu), dikses 24 Ok-tober 2016.

Ismawati. (2010). “Peningkatan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa dengan Menggunakan Model STAD Berbasis Quantum Teaching Berbantuan LKS pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi kelas VIII SMPN 22 Semarang”. Skripsi tidak diterbitkan, Semarang: UNNES.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 58 Tentang Pedoman Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kemendikbud.

Masfufah, Ida Daniatul. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi diterbitkan. (Online), (http:// eprints.uny.ac.id), diakases 31 Oktober 2016.

Muchlis, Effie Efrida. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Exacta, Vol. 10, No. 2, halaman 136-139. (Online), (http:// ebookbrowsee.net), diakses 25 Oktober 2016.

Mullis, Ina V.S., M.O. Martin, dan P. Foy. 2012. TIMSS 2011 Internasional Results In Mathematics. (Online), (http:// timssandpirls.bc.edu), diakses 24 Oktober 2016.

Murtiyasa, Budi. 2015. Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015. (Online), (http:// publikasiilmiah.ums.ac.id), diakses 16 Januari 2019.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: National Council of Teachers of Mathematics. Inc. (Online), (http://netm.org), diakses 7 Oktober 2016.

Nurhasanah, L.(2009). Meningkatkan ompetensi trategis (Strategic Competence) Siswa SMP me-lalui Model PBL (Problem Base Learning). Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Permana, Yanto dan Utari Sumarmo. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist, Vol. 2, halaman 116-123. (Online), (http://acedemia.edu), diakses 27 Januari 2016.

Rahmawati. 2016. Indonesia dalam PISA dan TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Hasil Survei PISA 2015. (Online), (http:// journal.student.uny. ac.id), diakses 09 Desember 2017.

Sari, Intan Permata. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Belief Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Unila.

Suprijono, Agus, 2007. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widarti, Sulis. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung Udik Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlam-pung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.