Deskripsi Disposisi Matematis dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review

Gilang Ramadhan Putra, Tina Yunarti, Haninda Bharata

Abstract


This qualitative research aimed to describe the learning and indicators which were shown by student in mathematical disposition used PQ4R learning method. Subject of this research was student VII-G grade SMP N 20 Bandar Lampung. The qualitative research data was shown in description which explain student mathematical disposition that shown in learning process. Based on the result of this research, it was concluded that mathematical disposition which was frequent shown in learning process are confidence and curiosity.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan indikator yang ditunjukkan siswa dalam disposisi matematis dengan menggunakan metode PQ4R. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Data penelitian merupakan data kualitatif dalam bentuk uraian yang menjelaskan disposisi matematis siswa yang muncul selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa disposisi matematis yang dominan muncul selama pembelajaran adalah percaya diri dan rasa ingin tahu.

Kata kunci: disposisi matematis, kualitatif, preview, question, read, reflect, recite, and review


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BNSP.

Chairani, Zahra. 2007. Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, 08 September.

Frankel, J. P. & Wallen N. E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Mahmudi, Ali. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan dalam seminar Konferensi Nasional Matematika XV, UNIMA, Manado, 30 Juni–3 Juli 2010.

NCTM. 2003. Secondary Mathematic Teacher–Program for Initial Preparation Mathematic Teachers. (Online), (http://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/CAEP_Standards/NCTMSECONStandards.pdf), diakses 20 Januari 2016.

OECD. 2012 PISA (Programme for International Student Assesment) 2015 Result in Focus. New York: Colombia University.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progesif. Jakarta: Kencana.

Warman, Dewi, 2013. Hubungan Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA N 1 Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. (Online), Vol. 4, No. 4, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pgeo/article/download/576/335), diakses 20 Januari 2017.

Winarno, Surakhmad, 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar Metode dan Tekhnik, Bandung: Tarsito.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung PPS UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.