Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Adelina Septia, Caswita Caswita, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This experimental research aimed to know the effectiveness of discovery learning model towards student’s mathematical concept comprehension. The population of this research was all students of class VIIISMP Tri Sukses Natar in academic year 2018/2019 that were distributed into 4 classes.The sampling was done by cluste random sampling technique and it was chosen students of VIII A and VIII B as samples. The design used was posttest only control group design. The data in this researh were obtained by mathematical concept comprehension test. The data analysis of this research used proportion test and t-test. The result of this research show that student’s mathematical concept comprehension with discovery learning model similar to conventional model and the proportion of students who have mathematical concept comprehension with value of 70 in the discovery learning model have not reached the effective proportion ecxpected. Based on the results of the research and discussion, it was concluded that discovery learning model was not effective towards student’s mathematical concept comprehension.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII A dan VIII B sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji  dan uji proporsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model discovery lear-ning sama dengan model konvensional dan proporsi peserta didik yang memiliki pemahaman konsep matematis dengan nilai minimum 70 pada model discovery learning belum mencapai proporsi efektif yang diharapkan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

 

Kata Kunci: discovery learning, efektivitas, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Arinawati, E., Slamet, St. Y., dan

Chumdari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Diktatika Dwija Indria (Solo). (Online), Vol. 2, No. 8, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3634/2583), diakses 20 Oktober 2018.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

Djuwarijah. 2008. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. (Online), Vol 1, No. 1, (http://journal.uii.ac.id/index.php/jpi/article/view/185/174), diakses 19 Maret 2018.

Hutagalung, R. 2017. Peningkatan

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka. Journal of Mathematics Education and Science. (Online), Vol. 2, No. 2, (http://jurnal.uisu.ac.id/index.p hp/mesuisu/article/view/133/110), diakses 20 November 2018.

Murizal, A., Yarman, dan Yerizon. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 1, (http://ejournal .unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1138/830), diakses 20 November 2018.

Nugroho, Dheni. 2016. Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) dan Pendekatan Ekspositori Pada Kompetensi Kubus dan Balok Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/782), diakses 27 November 2018.

Puspaningtias, 2017. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 5, No. 9, (http://digilib.Unila. ac.id/29275/21), diakses 3 September 2018.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. Makalah pada Seminar Hasil TIMSS 2015. (Online), (http://puspendik.kemendikbud.go.id/seminar/upload/Rahmawati seminar hasil TIMSS 2015.pdf), diakses 4 Desember 2018.

Sari, Dwi Cahya. 2015. Karakteristik Soal TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015 UNY PM-44. (Online), (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnamatematika/files/banner/PM44.pdf), diakses 3 September 2018.

Agustina, L. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1). (Online), (http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49), diakses 20 Oktober 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.