Efektivitas Model Project Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Elvita Lia Novianti, Sugeng Sutiarso, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi Experimental researchaimed to know effectiveness of Project Based Learning model for student’s ability in understanding mathematical concepts. Populatian of this research was student 7th grade student of SMP N 7Bandar Lampung which was distributed in 8 classes, and the samples of his research were students of VII-1 and VII-3 that choosen by purposive sampling technique. The research data was collected by pretest and post-test, and being tested by t-test. Based on the resultof this research,it was concluded that Project Based Learning was effective for student’s ability in understanding mathematical concepts.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Bandar Lampung yang terdistribusi dalam 8 kelas, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-3 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.  Data penelitian diperoleh dari pretest dan post-test, yang selanjutnya dilakukan uji-t.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model Project Based Learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.


Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, project based learning


Full Text:

PDF

References


Anderson, Ronald. H. 2001. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali.

BIE. 2001. Introduction to Project Based Learning. (Online), (www.bie.org), diakses 26 Maret 2017.

Grant, M. 2002. Getting a Grip on Project Based Learning: Theory, Cases, and Recommendation. Meridian: A Middle School Computer Technologies. Jurnal a Service of NC State University, Raleigh. N C Volume 5. Issue 1. (Online), (http://www.nscu.edu/meridia/win2002/514/3.html), diakses 27 Maret 2017.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Modul Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta: Kemdikbud.

Radhmadyana, Anna. 2018. Pem-belajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Prosiding SNMPN II Prodi Pendidikan Matematika UPI. Halaman 44–50.

Mahanal, S. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Jurnal Sains. Halaman 1-10.

OECD. 2015 PISA (Programme for International Student Assesment) 2015 Result in Focus. New York: Colombia University.

Putra H. D., dan Purwasih R. 2015. Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Mahasiswa melalui Project Based Learning. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 128, Vol. 2 No. 2.

Qomariah, Oemi Noer. 2015. Metode Project Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Ponorogo: FKIP Universitas Muhammadiyah.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2009. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Titu, M. Anita. 2015. Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional. Halaman 176–186.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.