Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effect of Think Pair Share (TPS) cooperative learning model toward students’conceptual understanding of mathematics. The population of this research was students of grade VIII of Junior High School of 22 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into eleven classes, start from VIII A until VIII K. The sampling was doneby purposive sampling technique and it was chosen students of VIII A and VIII D as samples. This research used posttest only control group design. Research data were obtained through test of mathematical concept comprehension. The data analysis which was used was t-test. Based on the result of research, it was concluded that Think Pair Share (TPS) cooperative learning model have an effect on students’conceptual understanding of mathematics.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2016-2017 yang terdistribusi dalam 11 (sebelas) kelas, yaitu kelas VIII A sampai VIII K. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII A dan VIII D sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: pemahaman konsep matematis siswa, pembelajaran kooperatif, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (Online), Vol. 16, No.1., (http://download.por-talgaru-da.org/download_verification.php?val=448&article=52269&title=), diakses 25 September 2016.
Gracia, Ricardo. 1991. Teaching in a Pluralistic Sosiety. New York: Harpercollins Publisher.
Husaini, Hafiz. 2012. l Pembelajaran Think-Pair-Share. (Online). (http://Matheducation.Blogspot.com/2012/11/html), diakses 31 Oktober 2016.
Kholik, Muhammad. 2011. Metode Pembelajaran Konvensional. (Online). (http://muhammadkholik.wordpress.com/2011/11/08/metodepembelajaran-konvensional/), diakses 22 November 2017).
Noorie, Rian Ayatullah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Pendidikan Matematika.
Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Matematis FKIP Universitas PGRI. Palembang: Prosiding PGRI.
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Slavin, Robert.E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
Sugandi. 2002. Makalah Pembelajaran Kooperatif. (Online), (www.mediapustaka.com/2014/11/makalah-pembelajaran-kooperatif.html?m=1:), diakses 28 Oktober 2016.
Sunarto. 2009. Pembelajaran Konvensional Banyak Dikritik, namun Paling Disukai. (Online). (http://sunartombs.wordpress.com/2009/03/02/pembelajaran-konvensional-banyak-dikritik-namun-paling-PAKEM,Pembelajaran-Konvensional.html), diakses 22 November 2017.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembe-lajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka. (Online), (http://litbangkemdiknas.net/detail.php?id=214.), diakses 20 Oktober 2016.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widarti, Atik. 2007. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Segi Empat Pada Siswa Kelas VII Semester2. (Online), (http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/cgi-bin/library:), diakses 30 Oktober 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.