Efektifitas Pembelajaran Discovery Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis

Muhammad Azwan, Pentatito Gunowibowo, M. Coesamin

Abstract


This experimental research aimed to know the effectivity of discovery learning in terms of students’conceptual understanding of mathematics. The population in this study were all students of VII grade SMP Negeri 23 Bandarlampung in academic year 2018/2019 which were distributed into eight classes. The samples of this research were students of VII E and VII F class which were taken by purposive random sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. The data analysis of this research used proportion test and Mann Whitney U test. Based on the results and discussion of the research, it was concluded that discovery learning was effective in terms of students’conceptual understanding of mathematics.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran discovery ditinjau dari pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 23 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E dan VII F yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi dan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, pembelajaran discovery

Full Text:

PDF

References


Ariati, Anggeraeni Septia. 2018. Efektivitas Strategi Metakognitif Ditinjau dari Berpikir Kritis Matematis Siswa (studi pada siswa kelas VIII semester genap SMP Global Madani Bandarlampung T.P. 2017/2018). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: PPS Pendidikan Matematika.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2014. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS. Jakarta: Depdiknas.

Fakhrizal. 2017. Model Pembelajaran Discovery (Penemuan). (Online), (http://ww-w.jejakpendidikan.com/2017/03/model-pembelajaran-discovery-penemuan.html), diakses 23 Februari 2018.

Hamzah B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudoyo, Herman . 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Kurniati, Siska. 2015. Efektifitas pembelajaran discovery ditinjau dari pemahaman konsep dan kemampuan awal matematika. (Online), (http-://download.portalgaruda.org/article.php?article=373004&val=7232&title=EFEKTIVITAS%20DISCOVERY%20LEARNING%20DITINJAU%20DARI%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20DAN%20KEMAMPUAN%20AWAL%20MATEMATIKA), diakses 3 Maret 2018.

OECD. 2016. PISA 2015 Result In Focus. (Online), (http://www.oedcd.org/pisa/pisa-2015-re-sults-overview.pdf.), diakses 6 Maret 2018.

Nakhleh, M.B. 1992. Why Some Students Don’t Learn Chemistry. Journal of Chemical Education. (Online), Jilid 69, No.3. (http://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/ed069p191), diakses 10 Juli 2018.

Puspaningtyas, Azizah Arum. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran discovery learning ditinjau dari pemahamn konsep. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: PPS Pendidikan Matematika.

Puspitasari, Desi. 2017. Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: PPS Pendidikan Matematika.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. (Online), Jilid 6, No.2 (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&ved=2ahUKEwjahO2v5MLeAhUYT48KHcGsBpwQFjAHegQIABAC&url=http%3A%2F%2Fojs.fkip.ummetro.ac.id%2Findex.php%2Fmatematika%2Farticle%2Fdownload%2F989%2Fpdf&usg=AOvVaw1amUtk9uB6u5xd71V5oafn), diakses 7 November 2018.

Sa’diyah, Awalus. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Dengan Media Kartu Domino Dalam Perangkat Pembelajaran Pejumlahan Pecahan. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan. (Online), Jilid 5, No. 2.1, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/10104/7488), diakses 3 Maret 2018.

Siagian, Sahat. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Dolok Panribuan. Jurnal Teknologi Pendidikan. (Online), Jilid 5, No.2, (https://www.google.com/u-rl?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&ved=2ahUKEwizy6L46cLeAhWKRo8KHTkIDC8QFjAIegQIAhAC&url=http%3A%2F%2Fdigilib.unimed.ac.id%2F734%2F5%2FFulltext.pdf&usg=AOvVaw0gY8TSAgjvhre7iNXt6Gt-), diakses 7 November 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.